Kumpulan Artikel analis kesehatan masyarakat membagikan info dunia kesehatan, biokimia, bakteriologi, Lowongan Kerja, ilmu Pengetahuan dan berbagai Pengertian yang membahas Kesehatan anda

6 Ciri-ciri Penyakit Susah Tidur Yang Perlu Anda Ketahui

6 Ciri-ciri Penyakit Susah Tidur Yang Perlu Anda Ketahui

Ads by Google
Ilustrasi Fakta Aneh Insomnia, penyakit susah tidur Insomnia atau penyakit susah tidur adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh penduduk bumi. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya, namun tentu saja secara tidak langsung bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan karena kurangnya waktu istirahat. Berdasarkan data di Amerika, penderita insomnia mencapai 25 % hingga 35 % dari populasi untuk insomnia jenis transient sedangkan untuk insomnia kronis mencapai 10 % hingga 15 %.

Banyaknya kecelakaan lalu lintas salah satu faktor penyebabnya adalah si pengendara kendaraan menderita insomnia. Karena kurang istirahat sehingga badan terasa capek dan sulit konsentrasi. Tentu saja meskipun banyak orang yang menganggap terlalu remeh penyakit ini namun efek negatifnya sangat banyak meski tidak secara langsung. Karena tidur saat malam hari sangatlah penting. Beberapa manfaat bila tidur malamnya cukup diantaranya menghilangkan stress, menghindari dari kegemukan, meningkatkan produktifitas dalam berkegiatan, meningkatkan testosteron, meningkatkan memori, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Pada artikel mendatang saya akan mencoba berbagi tips-tips bagaimana mengatasi insomnia. Namun, pada tulisan ini saya akan mengungkap fakta-fakta aneh seputar insomnia.

6 Ciri-ciri Penyakit Susah Tidur Yang Perlu Anda Ketahui:
1. Insomnia Bisa Saja Turunan
Fakta pertama adalah insomnia bisa saja diidap oleh satu keluarga karena pada suatu penelitian di tahun 2008 menemukan bahwa remaja yang orangtuanya menderita insomnia juga berisiko tinggi menggunakan obat tidur yang diresepkan dan memiliki masalah mental.
2. Hewan Peliharaan dan Serangga Juga Bisa Menderita Insomnia
Fakta kedua adalah ternyata tak hanya manusia yang bisa menderita penyakit susah tidur namun juga pada hewan peliharaan dan serangga. Lalat yang menderita insomnia diketahui lebih sering kehilangan keseimbangan, lebih lambat belajar dan memiliki lebih banyak lemak.
3. Jet Lag Sosial Bisa Jadi Penyebab Insomnia
Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa orang dengan jadwal tidur di hari kerja dan akhir pekan yang berbeda tiga kali lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan.
4. Obat tidur Masih Populer Meski Gagal Sembuhkan Insomnia
Peneliti menemukan bahwa orang yang memakai obat tidur yang diresepkan hampir lima kali lebih mungkin meninggal pada studi selama 2,5 tahun dibandingkan orang-orang yang tidak minum obat tidur. Demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal BMJ Open.
5. Hormon Wanita Bisa Saja Menyebabkan Insomnia
Fakta menarik lainnya adalah wanita ternyata lebih mungkin menderita insomnia sebanyak 2 kali dibandingkan pria. Demikian seperti diungkap National Sleep Foundation. Hal sebaliknya, hormon pria justru bisa menimbulkan tidur terlelap pada malam hari. Jika seorang pria menderita insomnia kemungkinan hormon prianya dalam kondisi rendah.
6. Meski Jarang, Seseorang Juga Bisa Meninggal Akibat Insomnia
Fatal familial insomnia adalah penyakit genetik langka yang mencegah seseorang dari tertidur karena akhirnya bisa menimbulkan kematian.
Copyright © 2013 ANALISIS KESEHATAN | Partner Pathmo Media And Oto News